Jumat, 13 Desember 2013

Bab Tentang Kewirausahan



BAB TENTANG KEWIRAUSAHAAN
Bab I
1.    Apa yang saudara ketahui tentang kewirausahaan?
2.    Apa yang saudara ketahui tentang wirausaha?
3.    Sebutkan pengusaha yang sukses menurut saudara!
4.    Sebutkan karakteristik dan nilai-nilai kewirausahaan!
5.    Sebutkan motif wirausaha!

Jawab:
1.    Kewirausahaan adalah kemampuan seseorang untuk melihat dan menciptakan peluang dan membuat peluang tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

2.    Wirausaha adalah adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya

3.    Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang dapat melihat peluang dengan cepat dan mampu memanfaatkan peluang tersebut menjadi sesuatu yang mempunyai nilai ekonomis dengan ide – ide yang dimiliki pengusaha tersebut

4.    Karakteristik kweirausahaan

-       Kreatif
-       Inovatif
-       Berani mengambil resiko
-       Visi kedepan
-       Manajerial skill
-       Leadership skill
 5 .  motif wirausaha
-       Needs
-       Opportunity



Bab 2
1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
2.     Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
3.     Bagaimana proses inovasi?
4.     Jelaskan yang dimaksud dengan Kreativitas!
5.     Bagaimana peran kreativitas dalam kewirausahaan?
6.     Bagaimana berfikir kreatifitas dalam kewirausahaan?
7.     Bagaimana cara membangun kreatifitas?
8.     Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
9.     Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan! 
10.  Pilih seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu
11.  Memilih satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut
12.  Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!     

Jawab:
1.    Inovasi adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide – ide terhadap sesuatu bisnis yang bisa di terima oleh masyarakat/pasar

2.    Inovasi sangat berperan sekali dalam kewirausahaan karena dengan malakukan inovasi perusahaan akan bisa tetap bertahan  dalam persaingan dengan kompetitornya dengan selalu mengeluarkan produk baru dengan demikian perusahaan tetap bisa mempertahankan pangsa pasar dan pendapatan laba.


3.    a.      Melihat kesempatan bagi karyawan untuk mengidentifikasi kesempatan-kesempatan. Kesempatan dapat berawal dari ketidakkongruenan dan diskontinuitas yang terjadi karena adanya ketidaksesuaian dengan pola yang diharapkan misalnya  timbulnya masalah pada pola kerja yang sudah berlangsung, adanya kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi, atau adanya indikasi trends yang sedang berubah.  
b.      Mengeluarkan ide. Dalam  fase ini,  karyawan mengeluarkan konsep baru dengan tujuan menambah peningkatan.Kunci dalam mengeluarkan ide adalah mengombinasikan dan mereorganisasikan informasi dan konsep yang telah ada sebelumnya untuk memecahkan masalah dan atau meningkatkan kinerja.
c.      Implementasi. Dalam fase ini, ide ditransformasi terhadap  hasil yang konkret.  Pada tahapan ini sering juga disebut tahapan konvergen. Untuk mengembangkan ide dan mengimplementasikan ide, karyawan harus memiliki perilaku yang mengacu pada hasil. Perilaku Inovasi Konvergen meliputi usaha menjadi juara dan bekerja keras. Seorang yang berperilaku juara mengeluarkan seluruh usahanya pada ide kreatif. Usaha menjadi juara meliputi membujuk dan mempengaruhi karyawan dan juga menekan dan bernegosiasi.  Untuk mengimplementasikan inovasi sering dibutuhkan koalisi, mendapatkan kekuatan dengan menjual ide kepada rekan yang berpotensi.
d.      Aplikasi. Dalam fase ini meliputi perilaku karyawan yang ditujukan untuk membangun, menguji, dan memasarkan pelayanan baru. Hal ini berkaitan dengan membuat inovasi dalam bentuk proses kerja yang baru ataupun dalam proses rutin yang biasa dilakukan.

4.    Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide untuk memecahkan suatu permasalahan dan bahkan merubahnya menjadi suatu peluang

5.    Kreativitas dalam kewirausahaan  sangat berpengatuh sekali dimana dalam menjalankan suatu bisnis tidak akan luput dari masalah dengn kreativitas kita dapat membuat masalah tersebut menjadi suatu peluang dan akan mendatangkan keuntungan

6.    Berfikir kreatif dalam kewirausahaan berfikir bahwa masalah yang datang bukan sebagai suatu bencana dan selalu mengembangkan ide agar msalah yang datang bisa menjadikan peluang untuk bisnis agar bisa berkembang

7.    Cara mengembangkan kreatifitas

ATM : A(amati)  T(tiru) M(modifikasi)
SCUMPS: S(size) C(colour) U(use) M(material) P(parts) S(shaps)
Mind mapping
Fish bone
8.    Faktor inovasi
1. Mengadakan hubungan baik dengan organisasi luar melalui amalan komunikasi dua hala dan bersedia untuk menerima dan mengadaptasi idea-idea dari luar
2. Menganggap inovasi sebagai satu usaha jangka panjang yang menuntut kepada penglibatan semua pihak dari peringkat awal.
3. Mengadakan perancangan rapi mengikut prosedur-prosedur yang telah ditetapkan. Ia memerlukan komitmen semua pihak terutama pihak atasan organisasi.
4. Ia menuntut kepada kerja-kerja yang berkualiti seperti mengamalkan kawalan mutu.
5. Perlu juga dibina strong market orientation mengikut kehendak dan keperluan pengguna
6. Memerlukan penyediaan perkhidmatan teknikal yang terbaik kepada pengguna.
7. Possessing the presence certain key individuals sebagai contoh product champions dan sebagainya.

Faktor kreativitas
1.    Dorongan ingin tahu besar
2. Sering mengajukan pertanyaan yang baik
3. Memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah
4. Bebas dalam menyatakan pendapat
5. Mempunyai rasa keindahan
6. Menonjol dalam salah satu bidang seni
7. Mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya, tidak
mudah terpengaruh oleh orang lain.
8. Rasa humor tinggi
9. Daya imajinasi kuat

9.    Faktor-faktor penghambat inovasi dan keativitas
-      Takut untuk mengambil risiko
-      Takut untuk dikritik
-      Kurangnya usaha berkreasi
-      Kekauan dalam berfikir
-      Tidak percaya diri

10.       pengusaha sukses axel pemilih keripik ma icih
            Visi
Menjadikan keripik ma icih menjadi makanan yang mendunia
Misi
-Merubah padagan keripik pedas menjadi makanan cemilan yang modern
-membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat
-menjadikan makanan keripik pedas ini menjadi tuan rumah di negeri sendiri
Produk produk perusahaan
Makanan cemilan berupa keripik pedas dengan tingkat kepedasan yang berbeda
manajemen pemasaran
Strategi dalam membangun usaha ini menjadi usaha yang berkembang
Strategi pemasaran yang unik membuat keripik ma icih ini menjadi makanan yang paling di cari saat ini, dengan konsep pemasaran yang jarang di pakai oleh perusahaan lain,promosi dilakukan di media internet dan media jejaring sosial, stan penjualan keripik ma icih ini selalu berpindah-pindah dari tempat lain ke tempat lainnya ,ini yang menjadikan konsumen semakin penasaran dengan keripik ma icih ini
Manajemen keuangan
1.    Perencanaan Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
2.    Penganggaran Keuangan, tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
3.    Pengelolaan Keuangan, menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
4.    Pencarian Keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
5.    Penyimpanan Keuangan, mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.
6.    Pengendalian Keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.
7.    Pemeriksaan Keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.
Manajemen sumber daya manusia
1. Tujuan Organisasional
Ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektivitas organisasi. Walaupun secara formal suatu departemen sumber daya manusia diciptakan untuk dapat membantu para manajer, namun demikian para manajer tetap bertanggung jawab terhadap kinerja karyawan. Departemen sumber daya manusia membantu para manajer dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia.
2. Tujuan Fungsional
Ditujukan untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
3. Tujuan Sosial
Ditujukan untuk secara etis dan sosial merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negatif terhadap organisasi. Kegagalan organisasi dalam menggunakan sumber dayanya bagi keuntungan masyarakat dapat menyebabkan hambatan-hambatan.
4. Tujuan Personal
Ditujukan untuk membantu karyawan dalam pencapaian tujuannya, minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual terhadap organisasi. Tujuan personal karyawan harus dipertimbangkan jika parakaryawan harus dipertahankan, dipensiunkan, atau dimotivasi. Jika tujuan personal tidak dipertimbangkan, kinerja dan kepuasan karyawan dapat menurun dan karyawan dapat meninggalkan organisasi.

Manajemen oprasional
Manajemen operasional bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa dalam organisasi.
Manajemen operasional adalah studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi operasi.
11. saya akan memilih bisnis sepatu hand made,karena saya melihat banyak orang yang ingin mempunyai dengan model model barat tetapi tidak mempunyai banyak dana untuk membelinya maka dari itu saya membuat sepatu dengan gaya barat dengan harga yang terjangkau
12.bisnis sepatu saya berbeda dengan pesaing karena denganharga yang murah konsumen mendapatkan barang yang berkualias tinggi dengan bahan-bahan pilihan dengan kualitas terbaik, bisnis saya memberikan garansi kepada konsumen, ini yang membedakan dengan produk pesaing

Bab 3
1.    Bagaimana mengembangkan Ide kewirausahaan!
2.    Bagaimana pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih dalam mengembangkan ide usaha mereka pada waktu pertama kali?
3.    Jelaskan sumber-sumber potensial peluang! Berikan contoh sumber-sumber potensial peluang pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
4.    Jelaskan bekal kemampuan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5.    Jelaskan penyaringan ide usaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
6.    Jelaskan kegagalan dalam memilih peluang bisnis baru! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
7.    Buatlah ide usaha untuk usaha yang akan saudara jalankan untuk satu semester ini!



Jawab:
1.Pengembangan ide/gagasan bisnis berkaitan dengan kegiatan kewirausahaan
dan telah merupakan pola pikir/mindset seorang wirausaha untuk selalu
mencari ide-ide bisnis baru yang ditindaklanjuti dengan pengevalusian untuk
kemungkinan menjadi peluang bisnis.
2.    Axel dalam mengembangkan usahanya dia membuat tingkatan rasa pedas dan membuat strategi pemasaran yang unik,dan membuat produk produk baru
3.    Axel dalam bisnisnya menciptakan peluang sendiri ,peluang tersebut tercipta dari suatu masalah dimana produk yang di twarkan merupakan produk yang tidak sehat untuk kesehatan,tetapi axel berhasil merubah persepsi konsumen,dan menjadikan keripik pedas ini menjadi makanan yang nikmat untuk dinikmati
4.    Pengusaha harus mempunyai bekal salah satunya adalah kreativitas,mampu meliah peluang dan dapat memanfaatkannya, mempunyai visi kedepan,mempunyai manajerial skill dan berani mengambil resiko
5.    (1) menyeleksi ide atau gagasan atas dasar terus atau tidak, (2) kemudian dilanjutkan dengan memilih gagasan yang memberikan jawaban tidak atas beberapa pertanyaan
Contoh axel mengumpulkan ide ide dan gagsan yang ada lalu melakukan evaluasi terhadap ide tersebut setelah itu memilih ide yang sesuai untuk menjalankan bisnisnya
6.    Kegagalan memilih ide usaha terjadi akibat
-       Kurangnya objektifitas
-       Kurangnya kedekatan dengan pasar
-       Pemahaman kebutuhan teknis yang kurang memadai
-       Di abaikannya kebutuhan finansial
-       Kurangnhya diferensiasi produk
-       Pemahaman terhadap masalah-masalah hukum yang kurang memadai
7.    Ide untuk usaha yang saya akan jalan kan satu semester ini adalah dengan melakukan inovasi produk dengan membuat model setu ala mode inggris dan itali

Bab 4
1.    Bagaimana cara memasuki dunia usaha? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih tentang cara mereka memasuki dunia usaha!
2.    Jelaskan profil usaha kecil dan model pengembangannya! Berikan gambaran profil dan model pengembangan usaha oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
3.    Bagaimana kerangka pengembangan usaha kecil? Berikan gambaran dari pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
4.    Jelaskan tantangan untuk mendirikan usaha baru! Berikan gambaran pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5.    Jelaskan kegagalan dalam mendirikan usaha baru! Berikan gambaran kegagalan yang pernah dialami oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
6.    Jelaskan rencana pengembangan usaha yang saudara pilih!

Jawab:
1.    Merintis usaha dari awal
Membeli perusahaan orang lain
Franchise
            Pengusaha yang saya pilih melakukan usaha dengan merintis dari awal dan tidak membeli perusahaan orang lain dan franchise.
2.    merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Selain itu Kelompok ini terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisi ekonomi. Maka sudah menjadi keharusan penguatan kelompok usaha mikro, kecil dan menengah yang melibatkan banyak kelompok
ma icihmerupakan perusahaan penghasil makan ringan salah satu produknya adalah kecipik pedas dan kerupuk gurilem
pengembangan yang di lakukan ma icih terhadap produknya adalah dengan memberikan tingkatan rasa pedas dalam makanan tersebut,pemberian tingkatan rasa pedas dalam makanan merupakan ide baru yang belum di pakai oleh pesaing lain.
3.    Mengembangkan usaha mikro
Strategi pengembangan keuangan mikro mencakup hal-hal sebagai berikut:
  1. Mengembangkan pendampingan yang mandiri dan berkelanjutan, termasuk melakukan penguatan lembaga-lembaga pendampingan terutama yang berfungsi menghubungkan sector formal dan non-formal.
  1. Memadukan pendekatan kelompok dan individual sesuai dengan kebutuhan dan penerimaan masyarakat.
  1. Mengembangkan keterpaduan antara penyaluran pinjaman dan mobilisasi tabungan masyarakat, sekaligus menjadikan tabungan sebagai basis system dan kekuatan keuangan mikro.
  1. Membangun kapasitas lembaga keuangan mikro, melalui kerjasama dengan perguruan tinggi, lembaga pendamping, dunia usaha, lembaga internasional, kerjasama antar LKM, dan instansi pemerintah; terutama dalam hal peningkatan kemampuan sumberdaya manusia; system dan prosedur operasi, teknologi, terutama teknologi informasi; jaringan kerjasama; dan aksesibilitas terhadap berbagai dukungan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat.
  1. Menegaskan kembali sekaligus memberikan pengakuan dan apresiasi terhadap arti peranan perempuan dalam setiap usaha pengembangan keuangan mikro.

4.    Tantangan dalam memulai usaha baru.
-       kurangnya pengalaman dalam berbisnis
-       kurangnya pengetahuan dalam berbisnis
-       ancaman dari produk pesaing
-       ancaman dari produk subtitusi
-       kemampuan melihat dan memanfaat kan peluang
-       inovasi
pebisnis yang saya oilih adalah axel pemilik dari keripik ma icih dia mampu menghadapi segala tantangan dalam menjalankan usaha baru,dia mampu memanfaatkan peluang yang ada,melakukan inovasi erhadap produknya,dan melakukan strategi pemasaran yang unik yang membuat konsumen penasaran
5.    kegagalan dalam menjalankan usaha baru
-       kegagalan dalam produksi
-       kegagalan dalam mengelola dan memelihara sumber daya manusi
-       kegagalan dalam melakukan pemasaran
-       kegagalan dalam menerapkan brain image kepada konsumen
-       kegagalan dalam berinovasi yang tidak si terima oleh psar
kegagalan axel terlihat pada kegagalan dalam berinovasi ,ma icih melakukan inovasi dengan mengeluarkan menu baru yaitu kerupuk gurilem tetap tinggakat penjalannya sangat rendah sekali dan kurang mendapatkan perhatian dari konsumen
6.    rencana pengembangan usaha yang saya pilih yaitu pengembangan pada pemasaran dan pengembangann produksi, pengembangan pemasaranyang saya lakukan dengan mengadakan kerja sama dengan pemilih toko – toko dengan sistem konsinyasi, pengembangan produksi yang saya lakukan dengen membeli mesin mesin yang lebih baik dengan tujuan meningkatkan kualitas produk

Bab 5
1.    Jelaskan Jenis-jenis badan usaha dan bentuk usaha yang legal!
2.    Jenis badan usaha apa yang digunakan oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih? Jelaskan!
3.    Jelaskan yang dimaksud dengan perusahaan perseorangan
4.    Jelaskan yang dimaksud dengan Persekutuan
5.    Jelaskan yang dimaksud dengan Korporasi
6.    Jelaskan bentuk khusus dari persekutuan dan korporasi
7.    Jelaskan bentuk franchising, manfaat dan kelemahan
8.    Buatlah pilihan bentuk usaha untuk usaha saudara dan jelaskan alasannya dari aspek kelebihan dan kekurangannya. Kemudian buatlah gambarannya!
Jawab:
1.     - CV
-       Firma
-       PT
-       Perusahaan perseorangan
2.    Pengusaha yang saya pilih merupakan jenis badan usaha milik perseorangan
3.    Perusahaan perseorangan adalah usaha yang dimiliki, diawali, dikelola dan diawasi oleh seorang pemilik saja.
4.    Perusahaan persekutuan adalah suatu Perusahaan Persekutuan (Firma) hanya memerlukan izin dari aparat pemerintahan. Jika dua orang atau lebih memutuskan untuk bekerja sama, maka otomatis telah membentuk persekutuan (Firma).
5.    Perusahaan korporasi adalah perusahaan atau badan usaha yang sangat besar atau beberapa perusahaan yang dikelola dan dijalankan sebagai satu perusahaan besar.
6.    Bentuk perusahaan perseorangan sudah berbadan hukum, korporasi terbentuk dari beberapa bahan usaha.
Bentuk perusahaan perseorangan tidak berbadan hukum menjalankan usahanya dalam bentuk perusahaan perseorangan ini menggunakan bentuk Perusahaan Dagang (PD) atau Usaha Dagang (UD).
7.    perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa



kekuatan
Pihak franchisor memiliki akses pada permodalan dan berbagi biaya dengan franchisee dengan resiko yang relatif lebih rendah.
2. Pihak franchisee mendapat kesempatan untuk memasuki sebuah bisnis dengan cara cepat dan biaya lebih rendah dengan produk atau jasa yang telah teruji dan terbukti kredibilitas mereknya.
3. Lebih dari itu, franchisee secara berkala menerima bantuan manajerial dalam hal pemilihan lokasi bisnis, desain fasilitas, prosedur operasi, pembelian, dan pemasaran.
Kelemahan
1. Sistem franchise tidak memberikan kebebasan penuh kepada franchisee karena franchisee terikat perjanjian dan harus mengikuti sistem dan metode yang telah dibuat oleh franchisor.
2. Sistem franchise bukan jaminan akan keberhasilan, menggunakan merek terkenal belum tentu akan sukses bila tidak diimbangi dengan kecermatan dan kehati-hatian franchisee dalam memilih usaha dan mempunyai komitmen dan harus bekerja keras serta tekun.
3. Franchisee harus bisa bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik dalam hubungannya dengan franchisor. (Sukandar, 2004, p. 67)
4. Tidak semua janji franchisor diterima oleh franchisee.
5. Masih adanya ketidakamanan dalam suatu franchise, karena franchisor dapat memutuskan atau tidak memperbaharui perjanjian
   8.  usaha yang saya jalan kan adalah jenis usaha perseorangan dimana usaha perseoranga ini mempunyai kelebihan , mempunyai kebebasan penganbilan keputusan, kelekuasaan dalam berbisnis, kekuasaan tertinggipada pemilik, kelemahannya tidak berbadan hukum, resiko di tanggung sendiri




Bab 6
1.    Jelaskan yang dimaksud dengan Hak atas kekayaan inteletual/paten! Apakah pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih telah mengurus hak paten atas usaha mereka? Jelaskan! 
2.    Jelaskan bagaimana peran dari Hak atas kekayaan inteletual/paten bagi perusahaan! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
3.    Jelaskan kerugian perusahaan bila tidak mempehran Hak atas kekayaan inteletual/paten! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih bila mereka belum memiliki hak paten!
4.    Jelaskan bagaimana prosedur untuk mendapatkan Hak atas kekayaan inteletual/paten atas produk!
5.    Jelaskan peranan merek dagang dalam kewirausahaan! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
6.    Jelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi yang berkaitan dengan legalitas dalam kewirausahaan! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
7.    Buatlah nama, logo dan merek usaha saudara dan berikan makna atas merek tersebut!
8.    Seandainya usaha saudara akan diurus Hak Patennya, persiapkan merek dan persyaratan untuk mendapatkan Hak atas kekayaan inteletual/paten
9.    Cari salah satu perusahaan yang ada disekitar saudara dan pijamlah kepada mereka akta notaries, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Ijin Usaha (SIUP), Ijin Domisili, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Lalu cari penjelasan tentang dokumen tersebut dan buatlah ringkasannya!
10. Jelaskan prosedur untuk mendirikan perusahaan!

Jawab:
1.    adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 1)
perusahaan yang saya pilih telah mematenkan produknya karena apabila tidak di patenkan maka produktersebut tidak punya kekuatan hukum
2.    peranana hak paten dalam perusahaan sangat penting sekali dmn kita harus mematenkan brand dari perusahaan agar tidak di bajak oleh orang lain dan mematenkan produk yang di produksi agar tidak mudah di bajak dan kalaupun di bajak perusahaan tersebut mempunyai kekuatan hukum
3.    kerugian perusahaan apabila tidak menerapkan hak paten, hak paten dalam perusahaan sangat penting sekali dmn kita harus mematenkan brand dari perusahaan agar tidak di bajak oleh orang lain dan mematenkan produk yang di produksi agar tidak mudah di bajak dan kalaupun di bajak perusahaan tersebut mempunyai kekuatan ukum

4.    prosedur hak paten:

-       Pemohon paten harus memenuhi segala persyaratan.
-       Dirjen HAKI akan mengumumkannya 18 (delapan belas) bulan setelah tanggal penerimaan permohonan paten.
-       Pengumuman berlangsung selama 6 (enam) bulan untuk mengetahui apakah ada keberatan atau tidak dari masyarakat.
-       Jika tahap pengumuman ini terlewati dan permohonan paten diterima, maka pemohon paten berhak mendapatkan hak patennya untuk jangka waktu 20 (dua puluh) tahun sejak terjadi filling date.


5.    1. Merek memberikan identitas
Produk kita akan mudah dikenali dan dicari oleh pembeli karena merek. Ini adalah fungsi dasar merek yaitu sebagai pemberi identitas bagi produk kita.

2. Membedakan dengan pesaing
Manfaat dasar merek yang kedua adalah membedakan produk kita dengan produk pesaing.
3. Meningkatkan penjualan
Bila merek kita dipersepsikan dengan baik oleh konsumen, maka tidak perlu diragukan lagi mereka akan bercerita kepada siapa saja yang ditemuinya tentang produk kita. Itu berarti naiknya angka penjualan bisnis kita.

4. Membangun loyalitas
Pelanggan yang puas akan produk yang kita jual, mereka akan dengan sendirinya memasukkan merek kita tidak hanya di kepala pelanggan tapi juga di hati mereka. Bagi mereka, merek kitalah yang terbaik.

5. Membuat pelanggan tidak sensitif harga
6. Komunikasi pemasaran jadi lancar
Hampir semua pakar pemasaran sepakat bahwa iklan yang terbaik adalah kata-kata yang keluar dari mulut pelanggan yang puas. Secara tidak langsung, pelanggan yang puas terhadap merek kita akan membantu mempromosikan produk dan citra merek kita.

7.Terbuka peluang untuk waralaba
Merek adalah intangible asset (aset tak berwujud) bagi perusahaan. Dalam jangka panjang, ketika merek kita telah mengakar kuat dibenak para konsumen, kita akan dapat mewaralabakan merek kita dengan nilai yang tinggi.

8. Magnet bagi para stakeholder
Merek yang telah dikenal baik, tidak hanya akan menjadi daya tarik bagi para calon konsumen, namun juga akan menjadi magnet bagi para stakeholder terbaik. Mereka tidak akan kesulitan untuk mencari pemasok, karyawan, bahkan juga para investor.
6. Hambatan Teknis (Technical Barriers to Entry)
Ketidakmampuan bersaing secara teknis menyebabkan perusahaan lain sulit bersaing dengan perusahaan yang sudah ada (existing firm)
1)  Perusahaan memiliki kemampuan dan atau pengetahuan khusus (special  knowledge) yang memungkinkan berproduksi sangat efisien,.
2)  Tingginya tingkat efisiensi memungkinkan perusahaan monopolis mempunyai kurva
      biaya (MC dan AC) yang menurun.
3)  Perusahaan memiliki kemampuan control sumber factor produksi, baik berupa SDA, SDM, maupun lokasi produksi.
           Hambatan Legalitas (Legal Barriers to Entry)
  1)  Undang – undang dan Hak Paten
  2)  Hak Paten (Patent Right) atau Hak Cipta
          Hanya ada satu produsen
          Listrik yang dihasilkan PLN tidak mempunyai substitusi
     Perusahaan – perusahaan lain tidak dapat memasuki industri listrik karena ada hambatan
7.nama usaha saya adalah deer footwear ,taglinenya” deer for human” maksudnya deer itu perusahaan dan produk kami untuk manusia
10. Berikut ini adalah syarat-syarat yang perlu dipenuhi untuk  mendirikan      Persekutuan Komanditer (CV).
  • Minimal 2 (dua) orang sebagai Pendiri Perseroan yang juga sekaligus bertindak sebagai Pemilik Perseroan yang terdiri dari Pesero Aktif dan Pesero Pasif.
  • Akta Notaris yang berbahasa Indonesia
  • Para Pendiri CV haruslah Warga Negara Indonesia
  • Kepemilikan perseroan 100% dimiliki oleh pengusaha lokal artinya keikutsertaan Warga Negara Asing tidak diperbolehkan


Bab 7
1.    Jelaskan yang dimaksud dengan utang! Apakah pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih memiliki utang dalam menjalankan usahanya?
2.    Jelaskan yang dimaksud dengan modal! Berapa modal pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih memiliki utang dalam menjalankan usahanya?
3.    Jelaskan sumber-sumber modal bagi wirausaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
4.    Jelaskan yang dimaksud dengan perusahaan ventura!
5.    Jelaskan sumber pendanaan untuk usaha saudara yang mungkin untuk didapatkan!  
Jawab:
1.    adalah sesuatu yang dipinjam. Seseorang atau badan usaha yang meminjam disebut debitur. Entitas yang memberikan utang disebut kreditur.
Pengusaha yang saya pilih tidak mem[unya catatan utang dalam bisnisnya
2.    Modal adalah hak milik atas kekayaan dan harta perusahaan yang berbentuk hutang tak terbatas suatu perusahaan kepada pemilik modal hingga jangka waktu yang tidak terbatas. Rumus modal adalah harta atau aset dikurangi dengan kewajiban atau hutang.
3.    Sumber modal:
-       Sumber Intern.Modal yang berasal dari sumber intern adalah modal atau dana yang di bentuk atau dihasilkan sendiri di dalam perusahaan.
-       Sumber Ekstern Modal yang berasal dari sumber ekstern adalah sumber yang berasal dari luar perusahaan. Alasan perusahaan menggunakan sumber dana ekstern adalah:
Pengusaha yang salah pilih pemilih keripik ma icih sumber modalnya berasal dari intern karena axel sang pemilik menggunakan modal sendiri untuk menjalankan bisnisnya
4.    Perusahaan ventura merupakan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu.
5.    Sumber pendanaa untuk usaha yang akan saya jalani adalah sumber intern karen asaya menggunakanmodal sendiri untuk menjalankan usaha saya

Bab 8
1.    Jelaskan yang dimaksud dengan model rencana strategis dalam membangun usaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
2.    Jelaskan Implementasi dari rencana strategis! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
3.    Jelaskan tahapan pengembangan perusahaan! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
4.    Jelaskan Faktor-faktor penting dalam tahap pertumbuhan! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5.    Jelaskan strategi pengembangan usaha saudara
Jawab:
1.     proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat digunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic, Ecological, Regulatory).

2.    Implementasi rencana strategis, dengan melakukan analisis SWOT pda perusahaan dan perusahaan tersebut akan mengetahui kelemahan ,kekurangan,peluang ,ancaman dan itu dapat memudahkan perusahaan dalam pengambilankeputusan.
Pengusaha yang saya pilih mengimpelemtasikan rencana strategi dengan   melakukan pengembangan usaha dengan menggunakan analisis SWOT dari rencana strategi
3.    Tahap pengembangan pada pengusaha yang saya pilih adalah pengembangan produksi,
Yaitu dengan membeli mesin baru yang dapat meningkatkan produksi, dan peningkatan pemasaran dengan menambah armada reseller
4.    Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat. Karena permintaan sudah sangat meningkat dan masyarakat sudah mengenal barang bersangkutan, maka usaha promosi yang dilakukan oleh perusahaan tidak seagresif tahap sebelumnya. Di sini pesaing sudah mulai memasuki pasar sehingga persaingan menjadi lebih ketat. Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan distribusinya adalah dengan menurunkan harga jualnya.

5.    Strategi pengembangan usaha yang akan saya jalani dengan mengganti mesin lama dengan mesin baru sehingga menambah kualitas produk dan meningkatkan pendapatan laba dan akan di pakai untuk pengembangan yang lainnya



Bab 9
1.    Jelaskan bentuk-bentuk usaha yang dimiliki perusahaan keluarga!
2.    Apakah perusahaan yang saudara pelajari termasuk perusahaan keluarga pada awalnya? Jelaskan !
Jawab
1. Perusahaan kecil di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan umumnya perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan keluarga. Sebagai bentuk keberlanjutan bisnis keluarga tersebut, mereka melakukan regenerasi dengan menyerahkan kepemilikan perusahaan kepada anggota keluarga.
2. perusahaan kelurga : usaha yang 51% sahamnya dimiliki oleh keluarga

Bab 10:
1.    Jelaskan yang dimaksud dengan etika bisnis!
2.    Bagaimana penerapan etika bisnis oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih?
3.    Jelaskan hubungan antara etika dan hukum!
4.    Bagaimana manfaat etika bisnis bagi seorang pengusaha? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5.    Bagaimana dampak negative bila pengusaha tidak menjalankan usaha sesuai dengan etika bisnis? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!  
6.    Jelaskan yang dimaksud dengan tanggung jawab social! Apakah perusahaan saudara menjalankan tanggung jawab social? Jelaskan!
7.    Bagaimana hubungan antara etika bisnis dan keputusan bisnis? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
8.    Jelaskan tantangan pelaksanaan tanggung jawab social! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
9.   Berikan etika bisnis yang diterapkan untuk usaha yang saudara jalankan!
10  Berikan kegiatan tanggung jawab social yang sesuai dengan usaha yang saudara jalankan!

Jawab:
1. Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.
2. penerapan etika bisnis oleh pengusaha yang saya pilih axel mempromosikan produknya denge jujur dan tidak membohongi konsumen
3. hubungan etika dan hukum, etika sangat berhubungan sekali etika lebih kepada peraturan norma-norma, agama,kesopanan,sosial budaya dan apabila itu di langgar makan hukum akan berperan
4. manfaat etika bisnis bagi perusahaan:

- Menanamkan atau meningkatkan kesadaran akan adanya dimensi etis dalam berbisnis, menanamkan jika sebelumnya kesadaran itu tidak ada, dan menambahkan jika sebelumnya dinilai kurang

- Memperkenalkan argumentasi moral khususnya dibidang ekonomi dan bisnis, serta membantu pembisnis/calon pebinis dalam menyusun argumentasi moral yang tepat


- Membantu pebisnis atau calon pebisnis dalam menetapkan sikap atau moral yang tepat didalam profesinya nanti
5 dampak negative usaha tidak menerapkan etika bisnis
-       Tidak ada kedadaran dalam berbisnis , menghalalkan segala cara demi laba
-       Tidak dapat meningkatkan motivasi
-       Kurang mampu meningkatkan keunggulan bersaing sehat
-       Produk yang di produksi akan mendapat pencekalan
6.tanggung jwab sosial adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan..
7. hubungan etika bisnis dan keputusan bisnis itu sangat berhunbungan sekali karena manajer sebagai pengambil keputusan harus memilih keputusan yang sesuai dengan etika bisnis,yaitu norma,hukum,sosial budaya,oleh karena itu pembuatan keputusan bisnis harus di sertai dengan etika bisnis
8. tantangan dalam melaksanakan tanggung jawab sosial program yang di rencanakan perusahaa tidak sesuai dengan sosial budaaya, norma-norma di lingkungan perusahaan itu dapat menghambat program tanggung jawab sosial perusahaan
9. etika bisnis yang di terapkan untuk usaha yang saya jalani aadalah denge promosi dan pengiklanan produk secara jujur sesuai dengan kapasitas dan kualitas produk.
10. tanggung jawab sosial untuk usaha yang saya jalani,mengadakan gerakan jalan 10.000 langkah dengen memberikan sepatu jalan untuk peserta yang berpartisipasi dalam acara ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar