BAB TENTANG KEWIRAUSAHAAN
Bab I
1. Apa yang saudara ketahui tentang kewirausahaan?
2. Apa yang saudara ketahui tentang wirausaha?
3. Sebutkan pengusaha yang sukses menurut saudara!
4. Sebutkan karakteristik dan nilai-nilai kewirausahaan!
5. Sebutkan motif wirausaha!
Jawab:
1. Kewirausahaan
adalah kemampuan seseorang untuk melihat dan menciptakan peluang dan membuat
peluang tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.
2. Wirausaha
adalah adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru,
menentukan cara produksi baru, menyusun operasi
untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya
3. Pengusaha
yang sukses adalah pengusaha yang dapat melihat peluang dengan cepat dan mampu
memanfaatkan peluang tersebut menjadi sesuatu yang mempunyai nilai ekonomis
dengan ide – ide yang dimiliki pengusaha tersebut
4. Karakteristik
kweirausahaan
-
Kreatif
-
Inovatif
-
Berani
mengambil resiko
-
Visi kedepan
-
Manajerial
skill
-
Leadership
skill
5 . motif wirausaha
-
Needs
-
Opportunity
Bab 2
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan Inovasi?
2. Bagaimana
peranan inovasi dalam kewirausahaan?
3. Bagaimana
proses inovasi?
4. Jelaskan
yang dimaksud dengan Kreativitas!
5. Bagaimana
peran kreativitas dalam kewirausahaan?
6. Bagaimana
berfikir kreatifitas dalam kewirausahaan?
7. Bagaimana
cara membangun kreatifitas?
8. Jelaskan
faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
9. Jelaskan
faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
10. Pilih seorang
pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas
pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama,
sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam
membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap
penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi,
misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan,
manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan
hal-hal lain yang dianggap perlu
11. Memilih satu
usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha
tersebut
12. Buatkan
diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan
inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan
pesaing!
Jawab:
1. Inovasi
adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide – ide terhadap sesuatu
bisnis yang bisa di terima oleh masyarakat/pasar
2. Inovasi
sangat berperan sekali dalam kewirausahaan karena dengan malakukan inovasi
perusahaan akan bisa tetap bertahan
dalam persaingan dengan kompetitornya dengan selalu mengeluarkan produk
baru dengan demikian perusahaan tetap bisa mempertahankan pangsa pasar dan
pendapatan laba.
3. a.
Melihat kesempatan bagi karyawan
untuk mengidentifikasi kesempatan-kesempatan. Kesempatan dapat berawal dari
ketidakkongruenan dan diskontinuitas yang terjadi karena adanya ketidaksesuaian
dengan pola yang diharapkan misalnya timbulnya masalah pada pola kerja
yang sudah berlangsung, adanya kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi, atau
adanya indikasi trends yang
sedang berubah.
b. Mengeluarkan ide. Dalam fase
ini, karyawan mengeluarkan
konsep baru dengan tujuan menambah peningkatan.Kunci dalam mengeluarkan ide
adalah mengombinasikan dan mereorganisasikan informasi dan konsep yang telah
ada sebelumnya untuk memecahkan masalah dan atau meningkatkan kinerja.
c. Implementasi. Dalam fase ini, ide
ditransformasi terhadap hasil yang konkret. Pada tahapan ini sering
juga disebut tahapan konvergen.
Untuk mengembangkan ide dan mengimplementasikan ide, karyawan harus memiliki
perilaku yang mengacu pada hasil. Perilaku
Inovasi Konvergen meliputi usaha
menjadi juara dan bekerja keras. Seorang yang berperilaku juara
mengeluarkan seluruh usahanya pada ide kreatif. Usaha menjadi juara meliputi membujuk dan mempengaruhi karyawan dan juga
menekan dan bernegosiasi. Untuk mengimplementasikan inovasi sering
dibutuhkan koalisi, mendapatkan kekuatan dengan menjual ide kepada rekan yang
berpotensi.
d. Aplikasi. Dalam fase ini meliputi perilaku karyawan yang
ditujukan untuk membangun, menguji, dan memasarkan pelayanan baru. Hal ini
berkaitan dengan membuat inovasi dalam bentuk proses kerja yang baru ataupun
dalam proses rutin yang biasa dilakukan.
4. Kreatifitas
adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide untuk memecahkan suatu
permasalahan dan bahkan merubahnya menjadi suatu peluang
5. Kreativitas
dalam kewirausahaan sangat berpengatuh
sekali dimana dalam menjalankan suatu bisnis tidak akan luput dari masalah
dengn kreativitas kita dapat membuat masalah tersebut menjadi suatu peluang dan
akan mendatangkan keuntungan
6. Berfikir
kreatif dalam kewirausahaan berfikir bahwa masalah yang datang bukan sebagai
suatu bencana dan selalu mengembangkan ide agar msalah yang datang bisa
menjadikan peluang untuk bisnis agar bisa berkembang
7. Cara mengembangkan
kreatifitas
ATM :
A(amati) T(tiru) M(modifikasi)
SCUMPS:
S(size) C(colour) U(use) M(material) P(parts) S(shaps)
Mind mapping
Fish bone
8. Faktor
inovasi
1. Mengadakan hubungan baik dengan organisasi luar
melalui amalan komunikasi dua hala dan bersedia untuk menerima dan mengadaptasi
idea-idea dari luar
2. Menganggap inovasi sebagai satu usaha jangka
panjang yang menuntut kepada penglibatan semua pihak dari peringkat awal.
3. Mengadakan perancangan rapi mengikut
prosedur-prosedur yang telah ditetapkan. Ia memerlukan komitmen semua pihak
terutama pihak atasan organisasi.
4. Ia menuntut kepada kerja-kerja yang berkualiti
seperti mengamalkan kawalan mutu.
5. Perlu juga dibina strong
market orientation mengikut kehendak dan keperluan pengguna
6. Memerlukan penyediaan
perkhidmatan teknikal yang terbaik kepada pengguna.
7. Possessing the presence certain key individuals
sebagai contoh product champions dan sebagainya.
Faktor kreativitas
1. Dorongan
ingin tahu besar
2. Sering
mengajukan pertanyaan yang baik
3.
Memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah
4. Bebas
dalam menyatakan pendapat
5. Mempunyai
rasa keindahan
6. Menonjol
dalam salah satu bidang seni
7. Mempunyai
pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya, tidak
mudah
terpengaruh oleh orang lain.
8. Rasa
humor tinggi
9. Daya
imajinasi kuat
9. Faktor-faktor
penghambat inovasi dan keativitas
-
Takut untuk mengambil risiko
-
Takut untuk dikritik
-
Kurangnya usaha berkreasi
-
Kekauan dalam berfikir
- Tidak percaya diri
10. pengusaha
sukses axel pemilih keripik ma icih
Visi
Menjadikan keripik ma icih menjadi makanan yang
mendunia
Misi
-Merubah padagan keripik pedas menjadi makanan cemilan
yang modern
-membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat
-menjadikan makanan keripik pedas ini menjadi tuan
rumah di negeri sendiri
Produk produk perusahaan
Makanan cemilan berupa keripik pedas dengan tingkat
kepedasan yang berbeda
manajemen pemasaran
Strategi dalam membangun usaha ini menjadi usaha yang
berkembang
Strategi
pemasaran yang unik membuat keripik ma icih ini menjadi makanan yang paling di
cari saat ini, dengan konsep pemasaran yang jarang di pakai oleh perusahaan
lain,promosi dilakukan di media internet dan media jejaring sosial, stan
penjualan keripik ma icih ini selalu berpindah-pindah dari tempat lain ke
tempat lainnya ,ini yang menjadikan konsumen semakin penasaran dengan keripik
ma icih ini
Manajemen
keuangan
1. Perencanaan
Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan
lainnya untuk periode tertentu.
2. Penganggaran
Keuangan, tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail
pengeluaran dan pemasukan.
3. Pengelolaan
Keuangan, menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan
berbagai cara.
4. Pencarian
Keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional
kegiatan perusahaan.
5. Penyimpanan
Keuangan, mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.
6. Pengendalian
Keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan
pada perusahaan.
7. Pemeriksaan
Keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan
yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.
Manajemen
sumber daya manusia
1. Tujuan Organisasional
Ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen
sumber daya manusia (MSDM) dalam memberikan kontribusi pada pencapaian
efektivitas organisasi. Walaupun secara formal suatu departemen sumber daya
manusia diciptakan untuk dapat membantu para manajer, namun demikian para
manajer tetap bertanggung jawab terhadap kinerja karyawan. Departemen sumber
daya manusia membantu para manajer dalam menangani hal-hal yang berhubungan
dengan sumber daya manusia.
2. Tujuan Fungsional
Ditujukan untuk mempertahankan kontribusi departemen
pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia
menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria
yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
3. Tujuan Sosial
Ditujukan untuk secara etis dan sosial merespon
terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui
tindakan meminimasi dampak negatif terhadap organisasi. Kegagalan organisasi
dalam menggunakan sumber dayanya bagi keuntungan masyarakat dapat menyebabkan
hambatan-hambatan.
4. Tujuan Personal
Ditujukan untuk membantu karyawan dalam pencapaian
tujuannya, minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual
terhadap organisasi. Tujuan personal karyawan harus dipertimbangkan jika
parakaryawan harus dipertahankan, dipensiunkan, atau dimotivasi. Jika tujuan
personal tidak dipertimbangkan, kinerja dan kepuasan karyawan dapat menurun dan
karyawan dapat meninggalkan organisasi.
Manajemen
oprasional
Manajemen operasional
bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa dalam organisasi.
Manajemen operasional adalah
studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi operasi.
11. saya akan memilih bisnis sepatu hand made,karena
saya melihat banyak orang yang ingin mempunyai dengan model model barat tetapi
tidak mempunyai banyak dana untuk membelinya maka dari itu saya membuat sepatu
dengan gaya barat dengan harga yang terjangkau
12.bisnis sepatu saya berbeda dengan pesaing karena
denganharga yang murah konsumen mendapatkan barang yang berkualias tinggi
dengan bahan-bahan pilihan dengan kualitas terbaik, bisnis saya memberikan
garansi kepada konsumen, ini yang membedakan dengan produk pesaing
Bab 3
1. Bagaimana mengembangkan Ide kewirausahaan!
2. Bagaimana pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih dalam mengembangkan
ide usaha mereka pada waktu pertama kali?
3. Jelaskan sumber-sumber potensial peluang! Berikan contoh sumber-sumber
potensial peluang pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
4. Jelaskan bekal kemampuan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang
wirausaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5. Jelaskan penyaringan ide usaha! Berikan contoh pada pengusaha dan
perusahaan yang saudara pilih!
6. Jelaskan kegagalan dalam memilih peluang bisnis baru! Berikan contoh pada
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
7. Buatlah ide usaha untuk usaha yang akan saudara jalankan untuk satu
semester ini!
Jawab:
1.Pengembangan
ide/gagasan bisnis berkaitan dengan kegiatan kewirausahaan
dan telah
merupakan pola pikir/mindset seorang wirausaha untuk selalu
mencari
ide-ide bisnis baru yang ditindaklanjuti dengan pengevalusian untuk
kemungkinan menjadi peluang bisnis.
2. Axel dalam
mengembangkan usahanya dia membuat tingkatan rasa pedas dan membuat strategi
pemasaran yang unik,dan membuat produk produk baru
3. Axel dalam
bisnisnya menciptakan peluang sendiri ,peluang tersebut tercipta dari suatu
masalah dimana produk yang di twarkan merupakan produk yang tidak sehat untuk
kesehatan,tetapi axel berhasil merubah persepsi konsumen,dan menjadikan keripik
pedas ini menjadi makanan yang nikmat untuk dinikmati
4. Pengusaha
harus mempunyai bekal salah satunya adalah kreativitas,mampu meliah peluang dan
dapat memanfaatkannya, mempunyai visi kedepan,mempunyai manajerial skill dan
berani mengambil resiko
5. (1) menyeleksi ide atau gagasan atas dasar terus atau
tidak, (2) kemudian dilanjutkan dengan memilih gagasan yang memberikan jawaban
tidak atas beberapa pertanyaan
Contoh axel
mengumpulkan ide ide dan gagsan yang ada lalu melakukan evaluasi terhadap ide
tersebut setelah itu memilih ide yang sesuai untuk menjalankan bisnisnya
6. Kegagalan
memilih ide usaha terjadi akibat
-
Kurangnya
objektifitas
-
Kurangnya
kedekatan dengan pasar
-
Pemahaman
kebutuhan teknis yang kurang memadai
-
Di
abaikannya kebutuhan finansial
-
Kurangnhya
diferensiasi produk
-
Pemahaman
terhadap masalah-masalah hukum yang kurang memadai
7. Ide untuk
usaha yang saya akan jalan kan satu semester ini adalah dengan melakukan inovasi
produk dengan membuat model setu ala mode inggris dan itali
Bab 4
1. Bagaimana cara memasuki dunia usaha? Berikan contoh pada pengusaha dan
perusahaan yang saudara pilih tentang cara mereka memasuki dunia usaha!
2. Jelaskan profil usaha kecil dan model pengembangannya! Berikan gambaran
profil dan model pengembangan usaha oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara
pilih!
3. Bagaimana kerangka pengembangan usaha kecil? Berikan gambaran dari
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
4. Jelaskan tantangan untuk mendirikan usaha baru! Berikan gambaran pada
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5. Jelaskan kegagalan dalam mendirikan usaha baru! Berikan gambaran kegagalan
yang pernah dialami oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
6. Jelaskan rencana pengembangan usaha yang saudara pilih!
Jawab:
1. Merintis
usaha dari awal
Membeli perusahaan orang lain
Franchise
Pengusaha
yang saya pilih melakukan usaha dengan merintis dari awal dan tidak membeli
perusahaan orang lain dan franchise.
2. merupakan
kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Selain itu Kelompok ini
terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisi ekonomi. Maka sudah
menjadi keharusan penguatan kelompok usaha mikro, kecil dan menengah yang melibatkan
banyak kelompok
ma icihmerupakan perusahaan penghasil makan ringan
salah satu produknya adalah kecipik pedas dan kerupuk gurilem
pengembangan yang di lakukan ma icih terhadap
produknya adalah dengan memberikan tingkatan rasa pedas dalam makanan tersebut,pemberian
tingkatan rasa pedas dalam makanan merupakan ide baru yang belum di pakai oleh
pesaing lain.
3. Mengembangkan
usaha mikro
Strategi pengembangan keuangan mikro mencakup hal-hal
sebagai berikut:
- Mengembangkan pendampingan yang mandiri dan berkelanjutan, termasuk melakukan penguatan lembaga-lembaga pendampingan terutama yang berfungsi menghubungkan sector formal dan non-formal.
- Memadukan pendekatan kelompok dan individual sesuai dengan kebutuhan dan penerimaan masyarakat.
- Mengembangkan keterpaduan antara penyaluran pinjaman dan mobilisasi tabungan masyarakat, sekaligus menjadikan tabungan sebagai basis system dan kekuatan keuangan mikro.
- Membangun kapasitas lembaga keuangan mikro, melalui kerjasama dengan perguruan tinggi, lembaga pendamping, dunia usaha, lembaga internasional, kerjasama antar LKM, dan instansi pemerintah; terutama dalam hal peningkatan kemampuan sumberdaya manusia; system dan prosedur operasi, teknologi, terutama teknologi informasi; jaringan kerjasama; dan aksesibilitas terhadap berbagai dukungan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat.
- Menegaskan kembali sekaligus memberikan pengakuan dan apresiasi terhadap arti peranan perempuan dalam setiap usaha pengembangan keuangan mikro.
4. Tantangan
dalam memulai usaha baru.
-
kurangnya
pengalaman dalam berbisnis
-
kurangnya
pengetahuan dalam berbisnis
-
ancaman dari
produk pesaing
-
ancaman dari
produk subtitusi
-
kemampuan
melihat dan memanfaat kan peluang
-
inovasi
pebisnis yang saya oilih adalah axel pemilik dari
keripik ma icih dia mampu menghadapi segala tantangan dalam menjalankan usaha
baru,dia mampu memanfaatkan peluang yang ada,melakukan inovasi erhadap
produknya,dan melakukan strategi pemasaran yang unik yang membuat konsumen
penasaran
5. kegagalan
dalam menjalankan usaha baru
-
kegagalan
dalam produksi
-
kegagalan
dalam mengelola dan memelihara sumber daya manusi
-
kegagalan
dalam melakukan pemasaran
-
kegagalan
dalam menerapkan brain image kepada konsumen
-
kegagalan
dalam berinovasi yang tidak si terima oleh psar
kegagalan
axel terlihat pada kegagalan dalam berinovasi ,ma icih melakukan inovasi dengan
mengeluarkan menu baru yaitu kerupuk gurilem tetap tinggakat penjalannya sangat
rendah sekali dan kurang mendapatkan perhatian dari konsumen
6. rencana
pengembangan usaha yang saya pilih yaitu pengembangan pada pemasaran dan
pengembangann produksi, pengembangan pemasaranyang saya lakukan dengan
mengadakan kerja sama dengan pemilih toko – toko dengan sistem konsinyasi,
pengembangan produksi yang saya lakukan dengen membeli mesin mesin yang lebih
baik dengan tujuan meningkatkan kualitas produk
Bab 5
1. Jelaskan Jenis-jenis badan usaha dan bentuk usaha yang legal!
2. Jenis badan usaha apa yang digunakan oleh pengusaha dan perusahaan yang
saudara pilih? Jelaskan!
3. Jelaskan yang dimaksud dengan perusahaan perseorangan
4. Jelaskan yang dimaksud dengan Persekutuan
5. Jelaskan yang dimaksud dengan Korporasi
6. Jelaskan bentuk khusus dari persekutuan dan korporasi
7. Jelaskan bentuk franchising, manfaat dan kelemahan
8. Buatlah pilihan bentuk usaha untuk usaha saudara dan jelaskan alasannya
dari aspek kelebihan dan kekurangannya. Kemudian buatlah gambarannya!
Jawab:
1. - CV
-
Firma
-
PT
-
Perusahaan
perseorangan
2. Pengusaha
yang saya pilih merupakan jenis badan usaha milik perseorangan
3. Perusahaan
perseorangan adalah usaha yang dimiliki, diawali, dikelola dan diawasi oleh
seorang pemilik saja.
4. Perusahaan
persekutuan adalah suatu Perusahaan Persekutuan (Firma) hanya memerlukan izin
dari aparat pemerintahan. Jika dua orang atau lebih memutuskan untuk bekerja
sama, maka otomatis telah membentuk persekutuan (Firma).
5. Perusahaan
korporasi adalah perusahaan atau badan usaha yang sangat besar atau beberapa
perusahaan yang dikelola dan dijalankan sebagai satu perusahaan besar.
6. Bentuk
perusahaan perseorangan sudah berbadan hukum, korporasi terbentuk dari beberapa
bahan usaha.
Bentuk
perusahaan perseorangan tidak berbadan hukum menjalankan usahanya dalam bentuk
perusahaan perseorangan ini menggunakan bentuk Perusahaan Dagang (PD) atau
Usaha Dagang (UD).
7. perikatan
dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak
dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan
dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan
persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan
dan atau penjualan barang
dan jasa
kekuatan
Pihak
franchisor memiliki akses pada permodalan dan berbagi biaya dengan franchisee
dengan resiko yang relatif lebih rendah.
2. Pihak franchisee mendapat kesempatan untuk memasuki sebuah bisnis dengan cara cepat dan biaya lebih rendah dengan produk atau jasa yang telah teruji dan terbukti kredibilitas mereknya.
3. Lebih dari itu, franchisee secara berkala menerima bantuan manajerial dalam hal pemilihan lokasi bisnis, desain fasilitas, prosedur operasi, pembelian, dan pemasaran.
2. Pihak franchisee mendapat kesempatan untuk memasuki sebuah bisnis dengan cara cepat dan biaya lebih rendah dengan produk atau jasa yang telah teruji dan terbukti kredibilitas mereknya.
3. Lebih dari itu, franchisee secara berkala menerima bantuan manajerial dalam hal pemilihan lokasi bisnis, desain fasilitas, prosedur operasi, pembelian, dan pemasaran.
Kelemahan
1. Sistem
franchise tidak memberikan kebebasan penuh kepada franchisee karena franchisee
terikat perjanjian dan harus mengikuti sistem dan metode yang telah dibuat oleh
franchisor.
2. Sistem franchise bukan jaminan akan keberhasilan, menggunakan merek terkenal belum tentu akan sukses bila tidak diimbangi dengan kecermatan dan kehati-hatian franchisee dalam memilih usaha dan mempunyai komitmen dan harus bekerja keras serta tekun.
3. Franchisee harus bisa bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik dalam hubungannya dengan franchisor. (Sukandar, 2004, p. 67)
4. Tidak semua janji franchisor diterima oleh franchisee.
5. Masih adanya ketidakamanan dalam suatu franchise, karena franchisor dapat memutuskan atau tidak memperbaharui perjanjian
2. Sistem franchise bukan jaminan akan keberhasilan, menggunakan merek terkenal belum tentu akan sukses bila tidak diimbangi dengan kecermatan dan kehati-hatian franchisee dalam memilih usaha dan mempunyai komitmen dan harus bekerja keras serta tekun.
3. Franchisee harus bisa bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik dalam hubungannya dengan franchisor. (Sukandar, 2004, p. 67)
4. Tidak semua janji franchisor diterima oleh franchisee.
5. Masih adanya ketidakamanan dalam suatu franchise, karena franchisor dapat memutuskan atau tidak memperbaharui perjanjian
8.
usaha yang saya jalan kan adalah jenis usaha perseorangan dimana usaha
perseoranga ini mempunyai kelebihan , mempunyai kebebasan penganbilan
keputusan, kelekuasaan dalam berbisnis, kekuasaan tertinggipada pemilik, kelemahannya
tidak berbadan hukum, resiko di tanggung sendiri
Bab 6
1. Jelaskan yang dimaksud dengan Hak atas kekayaan inteletual/paten! Apakah
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih telah mengurus hak paten atas usaha
mereka? Jelaskan!
2. Jelaskan bagaimana peran dari Hak atas kekayaan inteletual/paten bagi
perusahaan! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
3. Jelaskan kerugian perusahaan bila tidak mempehran Hak atas kekayaan
inteletual/paten! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara
pilih bila mereka belum memiliki hak paten!
4. Jelaskan bagaimana prosedur untuk mendapatkan Hak atas kekayaan
inteletual/paten atas produk!
5. Jelaskan peranan merek dagang dalam kewirausahaan! Berikan contoh pada
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
6. Jelaskan hambatan-hambatan yang dihadapi yang berkaitan dengan legalitas
dalam kewirausahaan! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara
pilih!
7. Buatlah nama, logo dan merek usaha saudara dan berikan makna atas merek
tersebut!
8. Seandainya usaha saudara akan diurus Hak Patennya, persiapkan merek dan
persyaratan untuk mendapatkan Hak atas kekayaan inteletual/paten
9. Cari salah satu perusahaan yang ada disekitar saudara dan pijamlah kepada
mereka akta notaries, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Ijin Usaha (SIUP),
Ijin Domisili, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Lalu cari penjelasan tentang
dokumen tersebut dan buatlah ringkasannya!
10. Jelaskan prosedur untuk mendirikan perusahaan!
Jawab:
1. adalah hak
eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di
bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri
Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.
(UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 1)
perusahaan yang saya pilih telah mematenkan produknya
karena apabila tidak di patenkan maka produktersebut tidak punya kekuatan hukum
2. peranana hak paten dalam perusahaan sangat penting
sekali dmn kita harus mematenkan brand dari perusahaan agar tidak di bajak oleh
orang lain dan mematenkan produk yang di produksi agar tidak mudah di bajak dan
kalaupun di bajak perusahaan tersebut mempunyai kekuatan hukum
3. kerugian perusahaan apabila tidak menerapkan hak
paten, hak paten dalam perusahaan sangat penting sekali dmn kita harus
mematenkan brand dari perusahaan agar tidak di bajak oleh orang lain dan
mematenkan produk yang di produksi agar tidak mudah di bajak dan kalaupun di
bajak perusahaan tersebut mempunyai kekuatan ukum
4. prosedur hak paten:
-
Pemohon
paten harus memenuhi segala persyaratan.
-
Dirjen HAKI
akan mengumumkannya 18 (delapan belas) bulan setelah tanggal penerimaan
permohonan paten.
-
Pengumuman
berlangsung selama 6 (enam) bulan untuk mengetahui apakah ada keberatan atau
tidak dari masyarakat.
-
Jika tahap
pengumuman ini terlewati dan permohonan paten diterima, maka pemohon paten
berhak mendapatkan hak patennya untuk jangka waktu 20 (dua puluh) tahun sejak
terjadi filling date.
5. 1. Merek
memberikan identitas
Produk kita akan mudah dikenali dan dicari oleh pembeli karena merek. Ini adalah fungsi dasar merek yaitu sebagai pemberi identitas bagi produk kita.
Produk kita akan mudah dikenali dan dicari oleh pembeli karena merek. Ini adalah fungsi dasar merek yaitu sebagai pemberi identitas bagi produk kita.
2. Membedakan dengan pesaing
Manfaat dasar merek yang kedua adalah membedakan produk kita dengan produk pesaing.
3. Meningkatkan penjualan
Bila merek kita dipersepsikan dengan baik oleh konsumen, maka tidak perlu diragukan lagi mereka akan bercerita kepada siapa saja yang ditemuinya tentang produk kita. Itu berarti naiknya angka penjualan bisnis kita.
4. Membangun loyalitas
Pelanggan yang puas akan produk yang kita jual, mereka akan dengan sendirinya memasukkan merek kita tidak hanya di kepala pelanggan tapi juga di hati mereka. Bagi mereka, merek kitalah yang terbaik.
5. Membuat pelanggan tidak sensitif harga
6. Komunikasi pemasaran jadi lancar
Hampir semua pakar pemasaran sepakat bahwa iklan yang terbaik adalah kata-kata yang keluar dari mulut pelanggan yang puas. Secara tidak langsung, pelanggan yang puas terhadap merek kita akan membantu mempromosikan produk dan citra merek kita.
6. Komunikasi pemasaran jadi lancar
Hampir semua pakar pemasaran sepakat bahwa iklan yang terbaik adalah kata-kata yang keluar dari mulut pelanggan yang puas. Secara tidak langsung, pelanggan yang puas terhadap merek kita akan membantu mempromosikan produk dan citra merek kita.
7.Terbuka peluang untuk waralaba
Merek adalah intangible asset (aset tak berwujud) bagi perusahaan. Dalam jangka panjang, ketika merek kita telah mengakar kuat dibenak para konsumen, kita akan dapat mewaralabakan merek kita dengan nilai yang tinggi.
8. Magnet bagi para stakeholder
Merek yang telah dikenal baik, tidak hanya akan menjadi daya tarik bagi para calon konsumen, namun juga akan menjadi magnet bagi para stakeholder terbaik. Mereka tidak akan kesulitan untuk mencari pemasok, karyawan, bahkan juga para investor.
Merek adalah intangible asset (aset tak berwujud) bagi perusahaan. Dalam jangka panjang, ketika merek kita telah mengakar kuat dibenak para konsumen, kita akan dapat mewaralabakan merek kita dengan nilai yang tinggi.
8. Magnet bagi para stakeholder
Merek yang telah dikenal baik, tidak hanya akan menjadi daya tarik bagi para calon konsumen, namun juga akan menjadi magnet bagi para stakeholder terbaik. Mereka tidak akan kesulitan untuk mencari pemasok, karyawan, bahkan juga para investor.
6. Hambatan
Teknis (Technical Barriers to Entry)
Ketidakmampuan
bersaing secara teknis menyebabkan perusahaan lain sulit bersaing dengan
perusahaan yang sudah ada (existing firm)
1) Perusahaan memiliki kemampuan dan atau
pengetahuan khusus (special knowledge)
yang memungkinkan berproduksi sangat efisien,.
2) Tingginya tingkat efisiensi memungkinkan
perusahaan monopolis mempunyai kurva
biaya (MC dan AC) yang menurun.
3) Perusahaan memiliki kemampuan control sumber
factor produksi, baik berupa SDA, SDM, maupun lokasi produksi.
• Hambatan Legalitas (Legal Barriers to
Entry)
1)
Undang – undang dan Hak Paten
2) Hak
Paten (Patent Right) atau Hak Cipta
– Hanya ada satu produsen
– Listrik yang dihasilkan PLN tidak
mempunyai substitusi
– Perusahaan – perusahaan lain tidak dapat
memasuki industri listrik karena ada hambatan
7.nama usaha
saya adalah deer footwear ,taglinenya” deer for human” maksudnya deer itu
perusahaan dan produk kami untuk manusia
10. Berikut ini adalah syarat-syarat
yang perlu dipenuhi untuk
mendirikan Persekutuan Komanditer (CV).
- Minimal 2 (dua) orang sebagai Pendiri Perseroan yang juga sekaligus bertindak sebagai Pemilik Perseroan yang terdiri dari Pesero Aktif dan Pesero Pasif.
- Akta Notaris yang berbahasa Indonesia
- Para Pendiri CV haruslah Warga Negara Indonesia
- Kepemilikan perseroan 100% dimiliki oleh pengusaha lokal artinya keikutsertaan Warga Negara Asing tidak diperbolehkan
Bab 7
1. Jelaskan yang dimaksud dengan utang! Apakah pengusaha dan perusahaan yang
saudara pilih memiliki utang dalam menjalankan usahanya?
2. Jelaskan yang dimaksud dengan modal! Berapa modal pengusaha dan perusahaan
yang saudara pilih memiliki utang dalam menjalankan usahanya?
3. Jelaskan sumber-sumber modal bagi wirausaha! Berikan contoh pada pengusaha
dan perusahaan yang saudara pilih!
4. Jelaskan yang dimaksud dengan perusahaan ventura!
5. Jelaskan sumber pendanaan untuk usaha saudara yang mungkin untuk
didapatkan!
Jawab:
1. adalah
sesuatu yang dipinjam. Seseorang atau badan usaha
yang meminjam disebut debitur.
Entitas yang memberikan utang disebut kreditur.
Pengusaha yang saya pilih tidak mem[unya catatan utang
dalam bisnisnya
2. Modal adalah
hak milik atas kekayaan dan harta perusahaan yang berbentuk hutang tak terbatas
suatu perusahaan kepada pemilik modal hingga jangka waktu yang tidak terbatas.
Rumus modal adalah harta atau aset dikurangi dengan kewajiban atau hutang.
3. Sumber
modal:
- Sumber Intern.Modal yang
berasal dari sumber intern adalah modal atau dana yang di bentuk atau
dihasilkan sendiri di dalam perusahaan.
- Sumber
Ekstern Modal yang berasal dari sumber ekstern adalah sumber
yang berasal dari luar perusahaan. Alasan perusahaan menggunakan sumber dana
ekstern adalah:
Pengusaha yang salah pilih pemilih keripik ma icih sumber modalnya
berasal dari intern karena axel sang pemilik menggunakan modal sendiri untuk
menjalankan bisnisnya
4. Perusahaan ventura merupakan
suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan
swasta sebagai pasangan usaha (investee
company) untuk jangka waktu tertentu.
5. Sumber pendanaa untuk usaha
yang akan saya jalani adalah sumber intern karen asaya menggunakanmodal sendiri
untuk menjalankan usaha saya
Bab 8
1. Jelaskan yang dimaksud dengan model rencana strategis dalam membangun
usaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
2. Jelaskan Implementasi dari rencana strategis! Berikan contoh pada pengusaha
dan perusahaan yang saudara pilih!
3. Jelaskan tahapan pengembangan perusahaan! Berikan contoh pada pengusaha dan
perusahaan yang saudara pilih!
4. Jelaskan Faktor-faktor penting dalam tahap pertumbuhan! Berikan contoh pada
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5. Jelaskan strategi pengembangan usaha saudara
Jawab:
1. proses yang
dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi
atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber
dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi
ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat
digunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities,
Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic,
Ecological, Regulatory).
2. Implementasi rencana strategis, dengan melakukan
analisis SWOT pda perusahaan dan perusahaan tersebut akan mengetahui kelemahan
,kekurangan,peluang ,ancaman dan itu dapat memudahkan perusahaan dalam pengambilankeputusan.
Pengusaha
yang saya pilih mengimpelemtasikan rencana strategi dengan melakukan pengembangan usaha dengan
menggunakan analisis SWOT dari rencana strategi
3. Tahap pengembangan pada pengusaha yang
saya pilih adalah pengembangan produksi,
Yaitu dengan
membeli mesin baru yang dapat meningkatkan produksi, dan peningkatan pemasaran
dengan menambah armada reseller
4. Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan
meningkat dengan cepat. Karena permintaan sudah sangat meningkat dan masyarakat
sudah mengenal barang bersangkutan, maka usaha promosi yang dilakukan oleh
perusahaan tidak seagresif tahap sebelumnya. Di sini pesaing sudah mulai
memasuki pasar sehingga persaingan menjadi lebih ketat. Cara lain yang dapat
dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan distribusinya adalah dengan
menurunkan harga jualnya.
5. Strategi pengembangan usaha yang akan saya jalani
dengan mengganti mesin lama dengan mesin baru sehingga menambah kualitas produk
dan meningkatkan pendapatan laba dan akan di pakai untuk pengembangan yang
lainnya
Bab 9
1. Jelaskan bentuk-bentuk usaha yang dimiliki perusahaan keluarga!
2. Apakah perusahaan yang saudara pelajari termasuk perusahaan keluarga pada
awalnya? Jelaskan !
Jawab
1.
Perusahaan kecil di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan umumnya perusahaan
tersebut terdiri dari perusahaan keluarga. Sebagai bentuk keberlanjutan bisnis
keluarga tersebut, mereka melakukan regenerasi dengan menyerahkan kepemilikan
perusahaan kepada anggota keluarga.
2.
perusahaan kelurga : usaha yang 51% sahamnya dimiliki oleh keluarga
Bab 10:
1. Jelaskan yang dimaksud dengan etika bisnis!
2. Bagaimana penerapan etika bisnis oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara
pilih?
3. Jelaskan hubungan antara etika dan hukum!
4. Bagaimana manfaat etika bisnis bagi seorang pengusaha? Berikan contoh pada
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5. Bagaimana dampak negative bila pengusaha tidak menjalankan usaha sesuai
dengan etika bisnis? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara
pilih!
6. Jelaskan yang dimaksud dengan tanggung jawab social! Apakah perusahaan
saudara menjalankan tanggung jawab social? Jelaskan!
7. Bagaimana hubungan antara etika bisnis dan keputusan bisnis? Berikan contoh
pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
8. Jelaskan tantangan pelaksanaan tanggung jawab social! Berikan contoh pada
pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
9. Berikan etika bisnis yang diterapkan untuk usaha yang saudara jalankan!
10 Berikan kegiatan tanggung jawab social yang sesuai dengan usaha yang
saudara jalankan!
Jawab:
1. Etika
bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah.
Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam
kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.
2. penerapan
etika bisnis oleh pengusaha yang saya pilih axel mempromosikan produknya denge
jujur dan tidak membohongi konsumen
3. hubungan
etika dan hukum, etika sangat berhubungan sekali etika lebih kepada peraturan
norma-norma, agama,kesopanan,sosial budaya dan apabila itu di langgar makan
hukum akan berperan
4. manfaat
etika bisnis bagi perusahaan:
- Menanamkan atau meningkatkan kesadaran akan adanya dimensi etis dalam berbisnis, menanamkan jika sebelumnya kesadaran itu tidak ada, dan menambahkan jika sebelumnya dinilai kurang
- Memperkenalkan argumentasi moral khususnya dibidang ekonomi dan bisnis, serta membantu pembisnis/calon pebinis dalam menyusun argumentasi moral yang tepat
- Membantu pebisnis atau calon pebisnis dalam menetapkan sikap atau moral yang tepat didalam profesinya nanti
5 dampak
negative usaha tidak menerapkan etika bisnis
-
Tidak ada
kedadaran dalam berbisnis , menghalalkan segala cara demi laba
-
Tidak dapat
meningkatkan motivasi
-
Kurang mampu
meningkatkan keunggulan bersaing sehat
-
Produk yang
di produksi akan mendapat pencekalan
6.tanggung
jwab sosial adalah suatu konsep bahwa organisasi,
khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen,
karyawan,
pemegang
saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan..
7. hubungan etika bisnis dan keputusan bisnis itu sangat berhunbungan sekali
karena manajer sebagai pengambil keputusan harus memilih keputusan yang sesuai
dengan etika bisnis,yaitu norma,hukum,sosial budaya,oleh karena itu pembuatan
keputusan bisnis harus di sertai dengan etika bisnis
8. tantangan dalam melaksanakan tanggung jawab sosial program yang di
rencanakan perusahaa tidak sesuai dengan sosial budaaya, norma-norma di
lingkungan perusahaan itu dapat menghambat program tanggung jawab sosial
perusahaan
9. etika bisnis yang di terapkan untuk usaha yang saya jalani aadalah denge
promosi dan pengiklanan produk secara jujur sesuai dengan kapasitas dan
kualitas produk.
10. tanggung jawab sosial untuk usaha yang saya jalani,mengadakan gerakan
jalan 10.000 langkah dengen memberikan sepatu jalan untuk peserta yang
berpartisipasi dalam acara ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar